Home » Bisnis » Tips Menentukan Biaya Pengiriman Untuk Bisnis Online

Tips Menentukan Biaya Pengiriman Untuk Bisnis Online

Haobaodaily.co.id – Sebagai pebisnis pemula, Anda pastinya harus banget tahu cara dan tips menentukan biaya pengiriman untuk bisnis onlinemu. Tujuannya, tidak lain agar menguntungkan bagi Anda selaku pemilik sekaligus penjual dan pembelinya juga. Yuk, simak panduan selengkapnya yang akan kami ulaskan lewat artikel berikut ini.

Tak bisa dipungkiri, saat ini era bisnis dengan e-commerce sehingga sistem jual belinya dilakukan tanpa tatap muka langsung antara penjual dengan pembeli, alias secara online. Hal itulah yang pada akhirnya menyebabkan proses pengiriman barang menjadi sesuatu yang penting dalam rantai jual beli lewat e-commerce.

Rekomendasi 6 Tips Menentukan Biaya Pengiriman Untuk Bisnis Online

Pada dasarnya untuk membuat sebuah bisnis semakin berkembang pesat maka diperlukan dilakukannya strategi dalam menentukan biaya kirim atau ongkos kirim barang. Pasalnya, pembeli maupun konsumen akan lebih mempertimbangkan besarnya biaya kirim dalam menentukan akan membeli suatu barang atau tidak.

Berarti, Anda tidak boleh sembarangan dalam menentukan biaya pengiriman untuk bisnis onlinemu. Biaya kirim barang yang terlampau tinggi bisa membuat pembeli Anda membandingkan dengan pesaing produk yang bisa memberikan harga pengiriman yang lebih terjangkau. Sementara itu, memberikan biaya kirim barang yang terlampau murah bisa mengakibatkan pemotongan keuntungan yang tak sedikit, sehingga yang demikian justru merugikan bisnis Anda.

Hal tersebut membuktikan bahwa strategi untuk menentukan biaya kirim barang sangat diperlukan, sebab dapat mempengaruhi margin keuntungan bisnis online yang sedang Anda jalankan. Setidaknya ada beberapa tips menentukan biaya pengiriman untuk bisnis online yang bisa diterapkan. Apabila Anda menerapkannya dengan sesuai dan tepat, maka strategi dan tips ini pasti akan menguntungkan bagi bisnismu.

Menentukan Berat atau Bobot Barang yang Dikirimkan

Ya, berat atau bobot barang menjadi faktor utama yang harus dipertimbangkan dengan baik dan bijak, sebab hal ini akan menentukan harga pengiriman barang tersebut. Pada dasarnya berat barang dapat diukur dengan mudah, yaitu menggunakan dua cara berikut :

  • Berat actual
  • Berat dimensi

Maksud dari berat actual di sini adalah berat barang yang dibulatkan ke kilogram berikutnya. Contohnya, barang saat dalam proses penimbangan memiliki berat sekitar 2.8 kg, maka akan dihitung menjadi 3 kg. Sementara itu, untuk berat dimensi sendiri merupakan ukuran kepadatan pengiriman.

Adapun cara menghitungnya juga tidak kalah mudahnya, yaitu dengan mengalikan panjang, lebar dan juga tinggi ukuran paket yang akan dikirimkan, setelah itu dibulatkan hingga cm paling dekat. Sebenarnya, Anda bisa saja menentukan biaya kirim barang dengan cara mempertimbangkan berat actual dan berat dimensi paket barang yang bakal dikirimkan. Namun, pastikan terlebih dahulu Anda sudah melakukan pengukuran berat actual dan dimensi dengan baik dan benar, sehingga pembeli pun tidak merasa dicurangi.

Memperhitungkan Biaya Tambahan

Adapun tips menentukan biaya pengiriman untuk bisnis online selanjutnya adalah dengan memperhitungkan biaya tambahan. Ini diperlukan selama proses pengemasan barang dan menjadi faktor yang akan mempengaruhi penentuan biaya kirim barang.

Seperti yang diketahui, biasanya jenis bahan yang dipergunakan untuk proses pengembangan barang turut berpengaruh terhadap penambahan biaya tambahan pengiriman. Sebagai contohnya, ketika Anda menjual sebuah lukisan dan pengirimannya pun harus dilakukan menggunakan kayu agar produk bisa sampai ditujuan dengan selamat, tentunya hal tersebut butuh biaya tambahan, kan?

Untuk masalah satu ini Anda bisa memberikan sedikit penjelasan mengenai biaya tambahan yang harus dikeluarkan pembeli sehingga ia tidak bingung dan bisa memahami biaya kirim yang bertambah daripada biasanya. Selain itu, dengan memberikan biaya tambahan tersebut, maka Anda telah meminimalisir kerugian sebab biaya pengiriman yang cukup kecil.

Memilih Metode Pengiriman

Faktor lainnya yang turut jadi penentu besar atau kecilnya biaya kirim barang untuk bisnis online adalah metode pengiriman yang digunakan. Setidaknya ada sekitar 4 metode pengiriman yang bisa dipilih, yaitu darat, udara, laut dan antarmoda.

Misalnya, untuk motode pengiriman lewat darat menjadi salah satu jenis metode paling murah. Lain halnya, untuk metode pengiriman lewat laut biaya bisa lebih mahal dibandingkan darat dan biasanya digunakan untuk proses pengiriman internasional dan ke beberapa daerah pedalaman.

Sementara itu, untuk pengiriman lewat udara sendiri adalah salah satu yang paling mahal, sebab secara waktu tempuhnya pun juga yang paling cepat dibandingkan lainnya. Lalu, ada proses pengiriman lewat udara yang menggunakan pesawat kargo dan penumpang di bagian kompartemen bagasi. Terakhir, ada sistem pengiriman antarmoda.

Ini merupakan metode pengiriman barang yang menggabungkan antara beberapa metode pengiriman dengan mengacu pada kontainer, terutama yang bisa ditransfer secara efisien antara kereta api, kapal dan truk.

Melakukan Perbandingan dengan Pesaing Bisnis

Tips menentukan biaya pengiriman untuk bisnis online lainnya yang wajib banget Anda ketahui adalah melakukan perbandingan dengan pesaing bisnismu. Ya, dalam hal ini Anda perlu melakukan survey kecil – kecilan terhadap pesaing bisnismu. Dengan begitu, Anda pun bisa menentukan biaya kirim barang yang tidak berbeda jauh dengan mudah.

Apabila biaya kirim barang yang Anda miliki terlampau tinggi, maka pembeli pun akan lebih memilih untuk membeli produk pesaing. Oleh karenanya, sebelum menentukan besaran biaya kirim barang, pastikan terlebih dahulu Anda sudah membuat perbandingan dengan yang lain.

Ini menjadi sangat penting sekali untuk dilakukan, sebab meski barang yang Anda jual sudah dibanderol dengan harga paling murah, tetapi jika biaya pengirimannya berbeda jauh dari pesaing, maka bukan tidak mungkin pembeli Anda akan berpikir dua kali untuk jadi loyal.

Petakan Lokasi Pelanggan Anda

Tips dan strategi lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memetakkan lokasi pelanggan. Silakan Anda buat persentase, kira – kira berapa banyak pelanggan domestic dan berapa banyaknya yang internasional. Ini akan sangat membantu Anda dalam memilih lebih cermat layanan kirim barang yang akan digunakan secara reguler.

Pelanggan tertentu juga suka rela untuk membayar biaya kirim yang lebih tinggi, dengan syarat barang yang dibeli bisa lebih cepat sampai. Tetapi, kadang kalanya lokasi pengantaran tidak memungkinkan, seperti lokasi yang cukup terpencil dan lainnya. Makanya, Anda harus cermat dalam memetakan lokasi pelanggan sehingga tidak salah memilih layanan pengiriman barang.

Mempertimbangkan Memberikan Biaya Kirim Gratis

Khususnya, buat pelaku bisnis yang memiliki sektor pesaing sangat ketat, penting sekali untuk mempertimangkan memberikan layanan biaya pengiriman secara cuma – cuma, alias gratis. Hal ini diyakini cukup efektif sekali apabila produk ynag dijual juga memiliki margin keuntungan yang tinggi, contohnya seperti gadget atau perhiasan emas.

Dengan demikian, Anda bisa memotong keuntungan untuk menutupi biaya kirim barang tersebut. Tetapi, jika ternyata margin keuntungan yang akan didapatkan cukup rendah, seperti hanya jualan kaos eceran, maka strategi lainnya adalah dengan membuat gratis biaya kirim sesekali saja. Misalnya, dengan melakukan sebulan sekali, atau saat ada event – event tertentu.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips menentukan biaya pengiriman untuk bisnis online. Semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya: